RSS
Gallery

Sarat

06 Oct

Sarat (Album Kanvas Putih)
Karya Sawung Jabo

Aku berjalan diantara orang resah
Aku mendengar suara sumbang di dinding rumah
Aku mendengar doa doa bersahutan
Mencoba menenangkan suasana yang bergolak
Aku tahu semua sia-sia
Aku tahu semua sia-sia

Mereka sarat dengan persoalan-persoalan kehidupan
Seperti kereta tua mereka berjalan menderu kepayahan
Berikan seribu matahari membakar mimpi
Curahkan air hujan pendingin bara terpendam
Nyanyikan lagu Oh… Nyanyikan lagu
Nyanyikan lagu ketenangan jiwa

Aku bukan sedang bersedih
Tidak juga sedang mengada-ada
Kurasakan getar kehidupan
Merobek-robek tidurku
Tidurku oh tidurku

Masihkah berguna kita berdiskusi lagi
Sementara persoalan sudah sampai ke tepi
Datanglah kemari coba fahami mereka

Mereka yang menghalalkan cara
Mereka yang kehilangan rumah
Mereka yang terpaksa mencuri
Mereka yang menjual harga diri
Mereka yang termenung kebingungan
Mereka yang tak sanggup tertawa lagi
Ha! ha! ha! ha! ha! ha! ha!

Aku bukan sedang bersaksi
Tidak juga berkhotbah seperti nabi
Kuceritakan yang kulihat
Tidakkah kau rasakan itu (2x)
Apakah kau teah menjadi batu

Aku tahu kau sering bicara
Tentang kemanusiaan
Aku tahu kau bukan anak kecil
Maka, aku ingin berdiskusi
Tapi aku tahu kau akan berkata
Hai sobat jagalah omonganmu!
Kau sedang dalam emosi
Istirahatlah
Aku bukan bayi yang sedang menangis
Yang akan terdiam oleh air susu
Simpanlah nasehatmu kawan
Pergilah tidur bersama mimpimu itu

Burung kecil diterjang angin
Memanggil-manggil
Suaranya hilang ditelan udara bising
Tak bisa kembali ke sarangnya
Orang orang kecil
Berteriak-teriak
Hingga habis suaranya
Tak bisa mendengar suaranya sendiri
Jutaan suara gelisah
Bergelombang datangnya
Mengguncang-guncang tidur
Tidak juga kita terbangun
Ada apa

 

Leave a Reply

 
