RSS
Gallery

Satu Langkah Sejuta Cakrawala (Antologi)

16 Oct

Sawung Jabo
SATU LANGKAH SEJUTA CAKRAWALA
Sebuah Antologi

Judul di atas adalah satu gambaran dari perjalanan saya sebagai manusia yang sudah memilh untuk menjadi seniman.Selama perjalanan saya sebagai seniman, saya banyak mendapatkan berkah bertemu dengan orang orang yang meberi inspirasi bagaimana sebenarnya mengolah daya hidup. Bagaimana kah  berkarya dengan jujur dan ikhals dalam melahirkan karya. Dalam hal ini inilah musik dan teater, yaitu dua bidang yang saya jalani sebagai pilihan hidup saya.

Tentu saja saya masih jauh dari  sempurna.Tapi paling tidak itulah tujuan saya dalam berkarya, Jujur dan Ikhlas..Sebab saya percaya bahwa, setiap karya punya nasib dan rejekinya sendiri.Bagaimanapun juga karya harus diperjuangkan dengan mengerahkan diri tiada henti.Dalam hal ini adalah mengerahkan daya hidup dan kreasi terus menerus.

Selama perjalanan kreatif saya, banyak sekali. pribadi pribadi penyangganya.Tentu saja saya tidak mampu mnebutkannya satu persatu di sini.Tapi paling tidak ada tiga orang yang saya anggap paling berjasa dalam membantu memperjuangkan bukan sekedar ciat cita, tetapi keyakinan saya.

Lalu pertemuan saya dengan Rendra dan Benkel Teaternya semakin membuka mata dan matahati saya dalam memahami bagaimana sebetulnya memaknai, mengolah hidup, menghayatinya. Dan lalu bagaimana pula menterjemahkanya kembali lewat karya karya baik musik ataupun teater..Saya menhormatinya sebagai guru hidup dan teman becanda.

Begitu pula perjumpaan saya dengan Iwan Fals..Ibarat jodoh begitulah saya menggambarkan pertemuan saya denganyan. Iwan Fals harus saya akui sangat berperan dalam membantu mempercepat menempatkan posisi saya dalam dunia musik.

Akan tetapi, jika semua itu  tanpa doa dan keikhlasan dari Suzan Piper, Johan Sanjaya Marais Piper serta Shanti Rosina Marais Piper,isteri dan anak anak saya yang sangat saya cintai dan hormati sekaligus.Saya yakin perjalana karir saya tidak akan seperti ini. Berkat merekalah saya bisa menjalankan cita cita dan keyakinan saya dengan sepenuh hati.

Namun secara jujur pula saya dengan tulus ingin mengucapkan hormat  pada saudara saudara dalam harapan saya.Baik yang seniman ataupun orang biasa sajaMereka yang dengan tulus ikhlas pula menemani dan setiap sata membangunkan semanagt saya dalam berkarya.
Tanpa mereka sayapun tidak bisa mewujudkan ide ide dan gagasan gagasan yang terpendam dalam dunia batin saya.

Jadi Antologi ini saya persembahkan buat mereka semua dan sekaligus mengabarkan pada Indonesia apa saja yang sudah saya lakukan.Tidak bisa diingkari Indonesia dan segala tetek bengeknya adalah sumber inspirasi saya yang tidak ada habis habisnya dalam berkarya.

Lagu lagu yang saya pilih dalam Antologi paling tidak bisa saya anggap mampu mewakili kurun waktu perjalanan saya sejak awal baik sebagai manusia dan seniman.Semua materi dalam pementasan ini nanti adalah gambaran pergaulan kreatif saya dengan dunia apa saja. Baik dunia kesenian dan nafas nafas kehidupan yang saya hirup dijalanan dan dimana saja tempat yang saya singgahi selama perjalanan hidup saya.

Sekaligus Antologi sebagai penjelasan kehadiran saya dalam dunia musik.Agar segala sesuatunya bisa menjadi lebih jelas tentang perjalanan hidup dan kreatif saya selama berkesenian di Indonesia. Mungkin juga di Australia di mana isteri dan anak anak saya tinggal.

Akhirnya, saya ucap terima kasih yang tak terhinnga pada sudara sudara dalam harapan saya yang dengan penuih keikhlasan mau mewujudkan Antologi ini.Tidak mungkin saya sebutkan satu persatu,sebab terlalu banyak.

AKU CINTA PADAMU
Sawung Jabo

SATU LANGKAH SEJUTA CAKRAWALA
Rumah Nusantara 30 Juli 2006 Pkl 20:00

1.    Overture
2.    Perjalanan Awan
3.    Langit Merah
4.    Mengejar Bayangan Menangkap Angin
5.    Bidadari Termanggu
6.    Satu Langkah Sejuta Cakrawala
7.    Anak Wayang
8.    Kalau Batas Tak Lagi Jelas
9.    Burung Kecil
10.    Karena Kau Bunda Kami
11.    Bongkar
12.    Bocah Bocah Negeri Pelangi
13.    Bisikan Langit
14.    Kemarin dan Esok
15.    Lingkaran Aku Cinta Pada Mu
16.    Anchor :HIO

 

Leave a Reply

 
