RSS

Kilas Balik Sejarah Singkat Sirkus Barock (Episode 2)

29 Nov

Setelah kembali lagi ke Indonesia pada sekitar tahun 1980an Barock mulai lagi merambah dunia panggung pementasan kembali. Karena saya dan Suzan Piper tinggal di semacam asrama bagi Anggauta Bengkel Teaternya Rendra ,maka Barock pun mulai menjalani latihan rutin di Ketanggungan Wetan, Jogyakarta.

Barock mulai menjalani latihan dengan alam. Semisal,latihan di kebun milik Bengkel Teater yang berdampingan dengan sungai. Kami sering merendam diri di sungai sambil berlatih vocal yang kadang dipandu oleh anggauta Bengkel Teater. Latihan di pantai Parang Tritis selatan kota Jogya. Latihan vocal dibukit pasir yang sepi,imajinasi bersatu dengan alam sekitarnya. Kadang menginap 1-2hari di sana.

Begitulah bentuk latihan rutin Barock. Sedang untuk persiapan pentasnya sendiri Barock tetap bergerilya terus. Artinya ,KAmi mengerjakan panggung sendiri ,membuat poster sendiri dari kertas bungkus makanan dan warnanya dari obat pewarna. Kami kadang meminjam becak pada tengah malam untuk memasang poster di sudut sudut kota JOgya . Prinsip kami ,kalau tida kesempatan untuk pentas maka kita sendirilah yang membuat pementasan. Sikap dan prinsip itu masih bertjalan samapai sekarang.

Dalam pementasan Barock selalu ada unsur Teaternya. Apalagi saya sendiri juga menjadi angauta Bengkel Teater setelah diperkenalkan pada Rendra oleh Bram Makahekum. Walau sebenarnya saya sudah kenal dengan beberapa anggauta Bengkel Teater .

Kegiatan Barock terus berlanjut sampai saya kembali ke Australi yang ke dua kalinya. Kali ini keberangkatannya dikarenakan Suzan mau melahirkan anak kami yang pertama yaitu,Johan.

Episode ke dua saya akhiri sampai di sisni dahulu . Nanti disambung lagi sambil memberi kesempatan pada saya untuk mengingat ingat kembali sejarah Barock sebelum menjelma menjadi ‘Sirkus Barock’. ACP

Silakan tunggu episode berikutnya…ACP

Penulis : Sawung Jabo

 
Leave a comment

Posted by on November 29, 2012 in Sirkus Barock

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: