RSS

Hening, Diam, dan Bergerak

28 Jan

Hening, Diam, dan BergerakHening, Diam, dan Bergerak, itulah judul buku karya Saptadi Bagastawa. Buku yang sudah ia siapkan selama 2 tahun ini, rencananya akan edar di awal bulan Februari ini. Proses perjalanan panjang Sawung Jabo dan Sirkus Barock coba diceritakan oleh Saptadi Bagastawa dalam buku ini. Mulai dari Barock sampai ke era Sirkus Barock. Berikut kami kutip tulisan beliau tentang proses penulisan buku ini.

Saya menulis dari sisi orang yang agak mengetahui proses Barock dan Jabo sejak tinggal di kampung Ketanggungan wetan Yogyakarta tahun 1977. Saat itu saya berlatih kesenian di Teater Teratai kebetulan tempat latihannya satu kesatuan dengan kamar-kamar yang ditinggali anggota Bengkel Teater. Di tempat itu Barock sering berlatih.

Dalam buku Sawung Jabo : Hening, Diam, dan Bergerak, saya hanya bercerita apa yang saya ketahui tentang Barock dan Jabo yang tersimpan di memori dilengkapi suasana saat itu yang terekam dalam batin. Saya memanggil kembali kenangan dan suasana itu. Dan agar runtut penulisannya kemudian ditambah dengan wawancara dan dilengkapi data dari kliping, buku, dan foto-foto dokumentasi Jabo.

Kepada Jabo saya biasa menyapa dengan panggilan Om dan cara memanggil seperti itu tetap saya pakai sampai saat ini. Hubungan saya dengan Jabo tidak dekat juga tidak jauh. Biasa saja. Namun saya memiliki rasa kalau dia merupakan salah satu senior di Bengkel Teater yang mampu bergaul dengan anak-anak sekalipun dan bisa mengapresiasi pikiran dan pengalaman si anak. Itu yang saya catat.

Buku ini saya siapkan hampir 2 tahun lebih, dan saya bersyukur bisa segera terbit. (Saptadi Bagastawa)

 
2 Comments

Posted by on January 28, 2013 in Buku

 

2 responses to “Hening, Diam, dan Bergerak

  1. Lily Herry Hs

    January 30, 2013 at 3:29 am

    dimana nanti saya bisa mendapatkan buku ini?

     

Leave a Reply

 
